Jumat, 18 Juni 2010

Budaya Nyangahan

Budaya Nyangahan atau ritual Adat,sudah hampir hilang dan banyak yang tidak percaya lagi dengan adat dan buaya nenek moyang.dimana saya lihat khususnya di kampung saya sendiri banyak masyarakatnya yang sekarng ini sudah tidak percaya dan meninggalkan Adat nyangahan (Ritual Adat).
saya sangat kwatir akan hilangnya Budaya Nyangahan di kampung saya,dengan rasa penasaran saya bertanya pada orang yang tua-tua di kampung yang mengerti dengan adat istiadat,begini pertanyaan saya;Pak,apa boleh peraga adat nyangahan disamapaikan dengan cara keAgamaan.
Apa jawaban Si Bapak; boleh-boleh aja itu sama saja tujuannya kepada Tuhan,yang penting niat kita untuk bersyukur apa yang telah kita dapatkan dari hasil jerih payah kita selama ini.
dari sisi lain saya belum paham mengapa Peralatan nyangahan misalnya,Rangkang Ayam,poe,bontong,tumpi,pinang karake sebagai bahan untuk nyangahan,di sampaikan dengan Doa keagamaan.

Tidak ada komentar:

JAM DIRI